Uang Receh yang Tidak Receh, Kamu Perlu Tahu ini

Uang Receh yang Tidak Receh, Kamu Perlu Tahu ini

Bagi sebagian orang uang receh atau uang kecil atau uang koin, sering kali dianggap remeh. Tapi, tahukah kamu, bahwa uang receh dapat memberikan manfaat yang tidak kecil bagi penggunanya. Kadang-kadang, tanpa disadari seringkali uang receh itu diremehkan oleh penerimanya, entah itu hasil dari kembalian pembayaran tol, pembayaran parkir, pembayaran belanja di minimarket. Ada pemikiran bahwa uang receh itu memberatkan, menyusahkan pembawanya dan pada akhirnya tidak dapat membuat kaya pemiliknya. Namun, benarkah demikian?

Ternyata tidak demikian. Pandangan seperti itu tidaklah baik. Janganlah kamu sampai berpikir bahwa uang receh itu tidak berguna dan hanya menyusahkan. Jadi, bagaimana caranya menyikapi uang receh ini?

Pertama, kamu harus mensyukuri uang receh yang kamu dapat. Kamu harus ingat, walaupun nominalnya kecil, tapi itu tetaplah uang yang sudah kamu dapatkan setelah kamu bekerja. Berapapun harta atau rejeki atau uang yang kamu miliki, walaupun itu hanya berupa uang receh, kamu wajib mensyukuri pemberianNya.

Kedua, ingatlah, walaupun hanya uang receh yang nominalnya kecil, namun masih memiliki fungsi yang sama seperti uang lainnya, yaitu sebagai alat pembayaran yang sah. Kalau kamu kumpulkan uang receh tersebut, nilainya akan sama dengan uang dengan nominal besar.

Kamu dapat belajar berinvestasi dan berdisiplin dengan uang receh ini. Kumpulkanlah uang receh yang kamu terima setiap kali kamu membayar sesuatu dalam sebuah wadah. Setiap periode tertentu, mungkin seminggu atau sebulan sekali, kamu dapat menghitungnya dan mengaturnya agar lebih rapi dan lebih mudah dalam penggunaannya. Misalnya dikumpulkan dengan selotip tiap nominal tertentu, seperti seribu atau dua ribu rupiah, agar dengan mudah dapat kamu gunakan setiap kali kamu ingin membayar parkir atau kegiatan lainnya yang membutuhkan uang kecil. Harus diingat, bahwa mengumpulkan uang receh dalam sebuah wadah itu bukan berati kamu tidak menyayangi uang receh terbeut, namun, sebaliknya, mengumpulkannya untuk nanti di kemudian hari dapat menggunakan uang receh yang telah terkumpul tersebut untuk kebutuhan yang lebih besar nilainya.

Mungkin kalau kamu pernah mendengar atau membaca berita, bahwa ada seseorang di Tiongkok yang membeli sebuah mobil mewah seharga milyaran dengan kumpulan uang receh? Dapat kamu bayangkan berapa banyak uang koin atau receh yang dikumpulkan itu? Sampai-sampai harus dimasukkan kedalam kontainer, dan berat uangnya mencapai hampir empat ton. Petugas dealer mobil harus menghitungnya sampai berhari-hari agar dapat memastikan bahwa jumlah nominal uang receh tersebut sama dengan nilai mobil yang akan dibeli oleh customer tersebut. Ini adalah contoh ekstrem bagaimana uang receh bila kamu disiplin mengumpulkannya dapat juga digunakan untuk membeli suatu barang yang besar nilainya.

Jadi, tetaplah ingat agar selalu bersyukur dan jangan sampai kamu tidak menghargai uang receh yang kamu miliki. Sesuatu yang besar itu selalu dimulai dari yang kecil.

About admin

Check Also

Ubah Cicilan Kartu Kredit jadi Kebebasan Finansial

Ubah Cicilan Kartu Kredit jadi Kebebasan Finansial PeHampir semua pekerja kantoran saat ini memiliki kartu …