Waspadai Investasi Bodong Bermodus Skema Ponzi

Waspadai Investasi Bodong Bermodus Skema Ponzi

Baru mulai investasi? Kalau iya, pastinya kamu perlu waspada jebakan investasi bodong yang mengintai di sekitar kita. Setidaknya Otoritas Jasa Keuangan mencatat kurang lebih ada 400 perusahaan investasi ilegal alias investasi bodong di Indonesia.

Yup, produk investasi bodong yang paling banyak adalah skema Ponzi yang umumnya berbentuk MLM (multilevel marketing), hingga arisan untuk mendapatkan keuntungan dalam sekejap. Bahkan, penipuan ini juga melalui aneka tawaran investasi saham, forex, properti, dan sebagainya, tanpa disertai izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan. Investasi bodong berskema Ponzi bisa muncul dalam berbagai bentuk, antara lain:

1. Investasi Bodong Bermodus MLM

Biasanya target skema ponzi yang satu ini cara kerjanya adalah memungut uang dari satu investor ke investor lain. Setelah itu, uang yang terkumpul hanya berputar di tempat, tidak diinvestasikan untuk menghasilkan keuntungan atau imbal hasil seperti investasi pada umumnya. Saat para investor mulai sulit merekrut investor baru, sementara tagihan makin membengkak, para pelaku biasanya sudah kabur dengan membawa aset besar yang telah dikumpulkan.

2. Investasi Bodong Berkedok Bisnis Tertentu

Skema Ponzi juga dapat dijalankan dengan mengajak orang-orang menjadi investor untuk suatu jenis usaha yang sebetulnya nggak pernah ada. Biasanya pelaku membuat surat-surat perizinan yang palsu, atau pura-pura membangun badan usaha, dan bahkan menyewa kantor agar calon korban percaya dengan kredibilitas mereka.

3. Investasi Bodong Berbalut Teknologi Modern

Penipuan cara ini menggunakan teknologi, misalnya internet untuk menawarkan “bisnis” atau investasi yang nggak sebenarnya nggak ada. Pelaku pun biasanya nggak segan-segan membuat website yang memikat dan bahkan mereka mampu mengadakan acara khusus di suatu tempat. Para pelaku umumnya memberikan iming-iming keuntungan yang sangat besar dalam waktu singkat apabila Anda dapat merekrut lebih banyak investor.

Itulah beberapa praktik penipuan bermodus Skema Ponzi yang perlu kamu waspadai. Di Indonesia sebenarnya pratik Ponzi dalam dunia jual beli resmi dilarang, seperti tercatat pada Undang-undang No.7/2014 tentang Perdagangan. Dalam undang-undang tersebut, skema ponzi disebut sebagai skema piramida. Ya, Undang-undang Perdagangan memang secara jelas melarang praktik berskema ponzi dalam distribusi atau jual beli apapun.

Nah, demi menindak investasi bodong yang semakin marak di Indonesia, OJK bekerja sama dengan Satgas Waspada Investasi. OJK dan Satgas Waspada Investasi sudah memasukkan banyak sekali perusahaan yang melakukan investasi bodong yang jelas-jelas nggak memiliki izin. Nggak cuma itu, OJK pun memberikan edukasi agar masyarakat tetap waspada serta memilih perusahaan dan produk investasi yang legal dan terdaftar oleh OJK. Selamat berinvestasi dengan aman selagi muda.

About admin

Check Also

Uang Receh yang Tidak Receh, Kamu Perlu Tahu ini

Uang Receh yang Tidak Receh, Kamu Perlu Tahu ini Bagi sebagian orang uang receh atau …